Panduan Memilih Kostan Untuk Kamu Mahasiswa Baru

Comments · 56 Views

Panduan Tepat Saat Memilih Kostan Untuk Kamu yang Mahasiswa Baru

Untuk yang sebentar lagi akan menjadi anak kos, terdapat beberapa panduan dalam memilih kos-kosan yang perlu untuk diketahui. Rencana akan pembelajaran tatap muka terus mencuat akhir-akhir ini, beberapa instansi pendidikan di berbagai daerah telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan protokol kesehatan. Untuk kamu yang baru akan merantau guna tinggal di kost, pasti akan mengalami fase yang bernama mencari kost-kostan.

Dalam memilih kost yang akan digunakan untuk tempat tinggal, tentunya membutuhkan pertimbangan supaya bisa mendapatkan kost yang sesuai dengan keinginan. Kamu perlu ingat, menentukan tempat kost itu tidak boleh asal, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Lalu apa saja panduan dalam mencari kamar kost terdapat beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menentukan kost-kostan.

Beberapa Panduan Memilih Kostan Untuk Mahasiswa Baru :

1.) Fasilitas yang Ditawarkan

Setelah menentukan budget yang dipunyai, cari tahu fasilitas apa saja yang ditawarkan pada kost yang berada dalam range budget kamu. Hal ini disebabkan setiap kost-kostan menawarkan fasilitas yang berbeda, bahkan meskipun berada di rentang harga yang sama. Seperti, Kost A dengan harga 1 Juta/Bulan sudah termasuk listrik, tapi tidak dengan Wi-Fi, Kost B dengan harga 1Juta/Bulan sudah termasuk Wi-Fi namun tidak termasuk listrik, dan masih banyak pertimbangan lain.

Solusinya, sesuaikan fasilitas tersebut yang paling kamu butuhkan. Misalnya untuk kamu yang ingin selalu terhubung dengan internet, carilah kos-kosan yang mempunyai fasilitas Wi-Fi. Jika kamu memiliki hobi memasak, kamu bisa mencari kost yang mempunyai fasilitas dapur umum, Namun, jika kamu kendaraan pribadi, pertimbangkan kost yang memiliki lahan untuk tempat menyimpan kendaraan kamu.

2.) Menentukan Budget

Langkah selanjutnya dalam memilih kost yakni menentukan budget versi kamu sendiri. Tentu, budget setiap orang dalam mencari kost akan berbeda-beda, sehingga kamu perlu menentukan kisaran budget yang sesuai dengan kemampuan kamu dan orangtua. Selain itu, tentukan juga siklus penagihan yang cocok untuk kamu sebab terdapat kost yang menerima pembayaran bulanan, tiga bulanan, dan tahunan. Jika kamu bingung, cari tahu harga pasaran kost di daerah tempat kamu merantau sebagai referensi.

3.) Cek Keamanan di Sekitar Kost

Salah satu nilai tambah yang bisa kamu pertimbangkan dalam mencari kostan yaitu keamanan di sekitar lingkungan kost. Keamanan dan kenyamanan sangat penting karena aktivitas yang kamu lakukan sebagai mahasiswa akan lebih banyak dilakukan di kampus dan di kost. Kost yang tak aman akan menimbulkan rasa khawatir terhadap kehilangan barang saat kamu sedang tidak berada di kost.

Kamu bisa bertanya tentang kondisi keamanan di sekitar kost kepada pemilik kost, atau penghuni kost jika kamu ingin melakukan survey secara langsung. Tanyakan apakah terdapat sistem keamanan lingkungan yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat dan apakah ada kasus kehilangan barang dalam beberapa bulan ke belakang. Dengan mengetahui kondisi di sekitar kost, kamu bisa lebih siap untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan, seperti membeli kunci gembok tambahan jika diperlukan dan sebagainya.

4.) Bandingkan Kost yang Sesuai dengan Kriteria kamu

Kamu dapat mulai membuat daftar kost yang potensial untuk kamu tempati. Pikirkan dengan matang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kost baik dari sisi harga, fasilitas, sistem pembayaran sewa, jarak kost, dan lain-lain sebelum kamu memutuskan untuk menyewa kost tersebut. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang tua dan teman atau saudara yang sudah lebih dulu merantau di daerah tersebut sebagai referensi kost mana yang akan kamu pilih nantinya.

5.) Dekat dengan Lingkungan Kampus

Untuk kamu yang baru pertama kali ngekost atau tak ingin membuang terlalu banyak waktu di jalan, menyewa kost di dekat kampus memiliki keuntungan tersendiri. Dengan memiliki kost dengan lokasi di dekat kampus kamu jadi lebiih menghemat waktu dan biaya perjalanan. Kamu juga bisa lebih fleksibel jika mengikuti organisasi atau acara di kampus.

Selain itu, dengan menyewa kost di dekat kampus, kamu akan lebih banyak bertemu mahasiswa lain sebagai tetangga kamu, lingkungan ini tentu bisa mendukung suasana belajar kamu, menambah relasi, dan kamu lebih merasa memiliki teman senasib yang juga merantau untuk menuntut ilmu.

Itu tadi beberapa panduan dalam memilih Kost yang perlu kamu ketahui. Tentu hal tersebut akan merepotkan jika kamu harus melakukan survey dengan datang ke kostan tersebut secara langsung satu persatu. Untuk memudahkan proses pencarian kost, kamu bisa menggunakan aplikasi papikost.com

Dengan aplikasi papikost, kamu bisa melihat informasi mengenai kamar kost yang memiliki kamar kosong di berbagai kota di Indonesia. Lengkap dengan informasi harga sewa, sistem pembayaran, fasilitas, peraturan, lokasi, dan lain-lain. Selain itu, deksripsi kost juga dilengkapi dengan foto dan review sehingga kamu bisa memperkirakan apakah kamar kost tersebut sesuai hanya dengan smartphone kamu.

Comments